ElMicha.ID – Setelah arak-arakan jolen sampai di Teluk Penyu, diadakanlah upacara serah terima. Segera setelah upacara selesai jolen dibawa naik ke kapal-kapal nelayan untuk kemudian dibawa ke tengah laut dan dilarung. Tak bisa dipungkiri acara ini syarat dengan kekuatan magis.

Jolen dinaikkan ke atas kapal dan siap dibawa ketengah lautan untuk dilarung
Jolen dinaikkan ke atas kapal dan siap dibawa ketengah lautan untuk dilarung

Laut yang tadinya tenang dengan gulungan ombak kecil-kecil, menjadi begejolak. Ombak besar datang menunjukan eksistensinya seolah mereka semangat menyambut jolen-jolen yang di larung.

Angin bertiup kencang, dan masyarakat pun larut dalam sukacita menghantarkan sesaji. Tumpukan manusia saling dorong mendorong berlari ke tengah lautan untuk ikut menghantarkan jolen.

Tak terasa, tadinya hanya berdiri di pasir pinggir pantai sekarang sudah ada di lautan dan tinggi air sudah sampai selutut orang dewasa.



ElMicha.ID – Sesaat setelah jolen di larung dan kapal kapal pengantarnya kembali ke tepian laut kembali tenang, angin kembali berhembus pelan menghantarkan ombak-ombak kecil ke tepian pantai. Masyarakat pesisir percaya bahwa ritual ini adalah salah satu cara mereka untuk bersyukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Mereka berdoa pada Tuhan agar sepanjang tahun hasil tangkapan mereka selalu berlimpah dan alam bersahabat saat mereka berada di lautan untuk mencari ikan.

Kapal-kapal nelayan yang mengangkut jolen sudah berada di tengah laut
Kapal-kapal nelayan yang mengangkut jolen sudah berada di tengah laut

ElMicha.ID – Alangkah beruntungnya saya lahir di Indonesia, sebuah negeri yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam tradisi unik dan upacara adat yang digelar di seluruh pelosok negeri ini. Sering kali tradisi yang digelar masyarakat setempat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, bahkan sampai wisatawan mancanegara.

Saya senang dan bangga menghadiri setiap upacara adat yang diselenggarakan oleh masyarakat, dimanapun dan kapanpun. Dan saya bangga menjadi bagian dari upacara adat larungan sesaji yang diadakan pada hari Jumat Kliwon di bulan Syura tanggal 07-Oktober-2016.

ElMicha
Demonologist

Baca Artikel Sebelumnya : Ritual Sedekah Laut/Larungan [Part 1]



Comments

comments

Leave a Reply