ElMicha.ID – Mari kita belajar jujur, terutama belajar jujur terhadap diri sendiri.Sering kali kita berada pada situasi dan kondisi yang terjepit, entah itu persoalan ekonomi maupun persoalan batin.



Pada saat kita berada pada kondisi tersebut hanya akan muncul 2 kemungkinan :

1. Kemungkinan pertama adalah munculnya perasaan takut, bingung, menjadi semakin fokus pada permasalahan, memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi, kemudian berdoa memohon agar apa yang ditakutkan tidak terjadi.

Akibat yang tidak disadari pada saat terlalu larut dalam memikirkan masalah adalah, stress, depresi, semakin terpuruk, jalan keluar tak kunjung datang, akhirnya menyalahkan Tuhan karna memberikan ujian ini.

Kondisi stress atau depresi yang berkepanjangan dapat menimbuklan berbagai macam penyakit, sehingga satu masalah belum selesai ditambah lagi dengan kondisi kesehatan yang menurun dan harus menjalani pengobatan.

2. Kemungkinan berikutnya adalah : Pada saat seseorang sedang dalam kondisi terpuruk maka akan muncul perasaan takut, bingung, berusaha focus mencari jalan keluar, memikirkan goal yang ingin dicapai, berdoa memohon agar dipermudah dan dipercepat mencapai goal yang diinginkan.

Akibat yang tidak disadari dari kemungkinan perilaku di atas  adalah, munculnya kreatifitas, munculnya semangat untuk berjuang, terbukanya banyak peluang dan jalan keluar, dan pada akhirnya bersyukur karna Tuhan membuka kan jalan untuk setiap kesulitan.

Nah, sobat BalaEl … dari 2 tipe kemungkinan ini kita bisa introspeksi diri kira – kira biasanya yang mana yaa ?

Takut dan bingung disaat menghadapi masalah itu wajar, semua orang pasti mengalaminya, namun yang membedakan adalah bagaimana mind set dan tindakan kita berikutnya.Terkadang kita harus bisa tegas dan keras terhadap diri sendiri.

Tegas dalam arti mengontrol hati dan pikiran untuk tidak larut dalam keterpurukan, keras dalam arti konsisten melatih diri untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam bidang apapun yang sedang ditekuni.

“Most people would learn from their mistakes if they weren’t so busy denying them” 

~Harold J. Smith~

Selamat berkarya.
El’Micha
Demonologist



Comments

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.